Share this page

Yoyo Sekongkang, Surga Tersembunyi untuk Surfing di Sumbawa

Kompas.com - 26/Oct/2019 , 08:09 WIB

Yoyo Sekongkang, Surga Tersembunyi untuk Surfing di Sumbawa

KOMPAS.com - Rumah bagi peselancar, begitulah pulau Sumbawa dikenal. Lokasi-lokasi surfing banyak sekali bisa dijumpai di pulau ini.

Sudah begitu, Pulau Sumbawa di provinsi Nusa Tenggara Barat sangat mudah dijangkau dari Lombok Atau Bali.

Terletak di sebelah timur pulau Lombok yang lebih terkenal, hanya perlu menyeberang penerbangan selama 30 menit dari Lombok atau feri selama beberapa jam untuk mencapainya.

Untuk mencapai Sumbawa memang memakan waktu lebih lama. Akan tetapi, begitu kita menapakkan kaki di pantai-pantai cantiknya, segala keletihan akan terbayar oleh pemandangan alam yang luar biasa.

Pantai-pantai berpasir putih yang luar biasa bersih dan alam yg masih terawat, jauh dari sampah plastik serta air yang bening adalah beberapa daya tarik dari pulau tersebut.

Pulau Sumbawa sangat dikenal sebagai surga surfing yang populer di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sejumlah lokasi surfing di Sumbawa menjadi incaran para peselancar kelas dunia untuk menikmati ombak.

Ada Pantai Maluk yang sudah dikenal lebih dulu, nah selain itu ternyata ada pantai lain yg sangat lebih alami dan belum banyak diketahui oleh wisatawan. Namanya adalah pantai Yoyo, yang terdapat di desa Sekongkang.

Sunyi dan tersembunyi

Pantai Yoyo ini memang terkenal dengan kondisi ombak yang sangat ideal untuk berselancar, pantai pasir putih, dan alamnya yang masih alami.

Pantai Yoyo memiliki lokasi surfing terbaik, tersembunyi, dan tak dipenuhi turis. Ombaknya pun spektakuler, menjadi alasan utama kebanyakan wisatawan datang ke pantai Yoyo.

Selain surfing, para pengunjung juga bisa menikmati kegiatan lain yaitu scuba diving, dan snorkeling.

Di sini terdapat terumbu karang cukup spesial karena memiliki panjang hingga 100 meter. Terdapat dive centre di kota Sumbawa Besar bagi anda yang pengggemar scuba diving yang bisa anda booking untuk melakukan kegiatan menyelam di Pulau Sumbawa.

Letak pantai Yoyo tepat nya berada di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Untuk menuju tempat ini Sobat Pesona dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat yang bisa disewa dari kota Sumbawa Besar atau Sumbawa Barat.

Suasana di pantai Yoyo relatif sunyi, sehingga akomodasinya juga masih terbatas. Hanya ada beberapa hotel kecil yang dikelola oleh penduduk lokal dan hotel kelas menengah yang tersebar di beberapa titik.

Meski begitu, kesunyian ini justru yang menjadi daya tarik utama hidden beach ini, plus memang terkenal dengan ombaknya yang ideal untuk surfing. Bahkan keindahan pasir putihnya tak jarang membuat para honeymooner memilih Yoyo sebagai tempat untuk menikmati bulan madu.

Selamat menikmati alam Sumbawa!

Baca artikel lainnya:

Menjajal Selancar di Pantai Maluk Sumbawa

Keindahan Pulau Kecil di Sumbawa

Bo Sangaji Kai, Naskah Kuno Kisah Sejarah Kesultanan Bima

Nikmati keindahan Indonesia lewat destinasi yang lainnya. Cari informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya