Share this page

Masih Asyik, Ini 5 Jurus Berpetualang Seru di Bandung

Kompas.com - 25/Oct/2019 , 05:56 WIB

Masih Asyik, Ini 5 Jurus Berpetualang Seru di Bandung

KOMPAS.com - Ada banyak tujuan dan jenis wisata yang disediakan Bandung, Jawa Barat dari mulai wisata kota hingga wisata alam.

Apapun yang Sobat Pesona pilih, sebenarnya Bandung masih asyik jadi destinasi yang layak untuk dikunjungi. Sudah begitu, letaknya tak begitu jauh dari Ibu Kota.

Mesti demikian, selalu utamakan keselamatan, ikuti prosedur hingga adat istiadat di setiap lokasi tujuan, agar kita menjadi bagian dari semangat wisata berkelanjutan.

Nah, jika Sobat Pesona memilih wisata beraroma adventure di Bandung, sediakan minimal waktu 2 hari 1 malam atau bahkan 3 hari 2 malam, agar kesenangannya maksimal.

Di Bandung, kita bisa menikmati dua wisata alam yang berbeda di satu weekend yang sama. Biar makin asyik, simak nih 5 jurus untuk menikmati wisata petualangan seru di kawasan Bandung.

Mendaki gunung

Jika sobat pesona datang dari luar kota Bandung, kemudian bermaksud mendapatkan sensasi alam pegunungan, menikmati kedalaman hutan, berjalan melewati sungai yang jernih, hingga membuat api unggun untuk kemudian menyaksikan pertunjukan bintang malam di atas langit Bandung, maka mendaki Gunung Bandung adalah pilihan terbaik bagi yang memiliki keterbatasan waktu.

Menyiapkan diri untuk mendaki gunung artinya, menyiapkan perlengkapan untuk menginap tanpa layanan hotel dan rumah singgah sebagaimana biasanya.

Perlengkapan mendaki gunung zaman sekarang sudah tidak seribet belasan tahun yang lalu. Banyak perlengkapan jenis ultralight yang meringankan beban dan volume perlengkapan. Mulai dari tenda, perlengkapan makan, hingga perlengkapan tidur.

Sewa perlengkapan

Di kota Bandung kini banyak lokasi penyewaan peralatan mendaki yang bisa dipesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jadi, Sobat Pesona dari luar Bandung tak perlu repot membawa banyak perlengkapan.

Bisa juga langsung datang di hari yang sama ke sekitar jalan Gagak Sadangserang, atau Cikutra – Bojongkoneng yang sudah berjejer penyewaan alat mendaki gunung.

Sewa kendaraan

Beberapa lokasi wisata alam di Bandung bisa diakses hingga mendekati spot camp area dengan menggunakan kendaraan.

Rata-rata waktu tempuh dengan berjalan kaki antara 10 sampai 30 menit saja dari tempat parkir kendaraan.

Sewa kendaraan roda dua merupakan pilihan yang menarik. Beberapa lokasi tujuan wisata alam di sekitar Bandung tidak bisa diakses dengan menggunakan kendaraan umum, sehingga sewa kendaraan roda dua merupakan pilihan yang realistis.

Selain relatif lebih murah, dengan roda dua kita terbebas dari macet dan bebas untuk menentukan tujuan alternatif atau sambilan di sepanjang jalur tujuan.

Dari pusat kota Bandung, dalam waktu kurang dari satu jam kita bisa mencapai Tebing Keraton dan Bukit Bintang. Atau 1 sampai 2 jam lebih ke Curug Layung, Bumi perkemahan Manglayang di Bandung Timur, Puntang di Bandung Selatan.

Destinasi asyik

Berpetualang, wisata alam atau mendaki gunung tidak melulu berjalan seharian dan berakhir di puncak gunung.

Kita bisa menikmati kedalaman hutan sebagai tujuan atau savanna di antara gunung-gunung yang terhampar luas. Beberapa pilihan tersebut bisa didapatkan di sekitar Bandung.

Curug Layung di kaki Gunung Burangrang, Gunung Putri, Bukit Bintang/Moko hingga Tebing Keraton di kawasan Bandung Utara, savanna Rancaupas, spot camp area di sekitar Gunung Patuha Ciwidey, atau bumi perkembahan Gunung Puntang, misalnya.

Tempat-tempat itu menyuguhkan panorama hutan hujan tropis, sungai, hingga bangunan bersejarah yang masih berada di kawasan Bandung Selatan.

Tempat di atas, dapat dinikmati secara penuh hanya dalam waktu satu malam dan dua hari.

Pantau kalender event

Kota Bandung adalah titik pusat keberangkatan ke setiap tujuan wisata alam di sekitar Bandung, baik ke arah utara, selatan, timur, maupun barat.

Jika sobat pesona memiliki waktu lebih, malam pertama bisa dilewatkan dengan jalan-jalan di sekitar kota Bandung. Umumnya, tempat-tempat seperti jalan Braga, Asia Afrika, Dago, Gasibu, Gedung Sate, dan kawasan sekitarnya selalu ramai dengan berbagai event.

Baca artikel lainnya:

Tebing Keraton, Taman Hutan Raya Terkondang di Bandung

Hutan Pinus Asri yang Layak Dikunjungi di Indonesia

Lembah Harau, Lembah Mempesona Yosemite-nya Indonesia

Yuk lihat kisah dan tips perjalanan pada destinasi yang lainnya lewat Pesona Indonesia.
 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya