Share this page

Si Gagab, Silat Gayung Gabungan dari Tanah Melayu

Kompas.com - 24/Oct/2019 , 14:15 WIB

Si Gagab, Silat Gayung Gabungan dari Tanah Melayu

KOMPAS.com -  Silat, atau lebih dikenal dengan sebutan pencak silat, adalah seni beladiri yang banyak berkembang di Indonesia. Setiap tempat punya ciri, karakter tersendiri, untuk silat yang berkembang di daerah tersebut.

Di Kepulauan Riau, yang lekat dengan kebudayaan Melayu, yang berkembang adalah silat gayung, atau silat gayong.

Saat berkunjung ke Tembeling, Kabupaten Bintan, Pesona Travel kebetulan bisa bertemu dengan Legimin, pencipta dan pendiri perguruan silat Si Gagab yang sekarang berkembang pesat di wilayah Tembeling.

Kekuatan pukulan tangan

Menurut Legimin, nama Si Gagab berarti silat gayung gabungan. Gabungan dari silat gayung, kuntao, gerakan bangau, dan juga gerakan harimau. Namun, dasar dari silat yang dikembangkannya adalah silat gayung Melayu, yang memiliki kekuatan di pukulan tangan.

Pada pertemuan singkat tersebut, pria yang sehari-hari berprofesi sebagai sinshe tersebut bersedia menunjukkan beberapa gerakan dari silat Si Gagab. Terutama gerakan yang diambil dari gerakan silat gayung.

Dibandingkan dengan silat bergaya Melayu lainnya, silat Si Gagab terbilang yang paling muda. Legimin baru mendirikan perguruan silat Si Gagab di 1997.

Awal penyebarannya hanya di sekitar Pinang dan Penyengat. Namun, sekarang ini Si Gagab paling berkembang di wilayah Tembeling.

Menurut ceritanya, dulu beladiri ini dinamai karex, kependekan dari karate reflex. Beladiri ini dipelajarinya dari Muhammad Jusmawal, ayahnya. Di karex, beladiri tersebut hanya mengenal jurus pukulan untuk serangan. Tidak ada jurus tangkisan.

Legimin kemudian mengembangkannya menjadi Si Gagab dengan menambahkan gerakan silat gayung Melayu dan juga menambahkan gerakan tangkisan.

Tidak ada guru yang mengajarkan gerakan-gerakan barunya tersebut. Semua itu diperoleh dari bayangan gurunya dan imajinasi yang dia ciptakan sendiri. Karenanya, ada tambahan kata “Tiga Bayangan” di lambang silat Si Gagab.

Baca artikel lainnya:

Ada 317 Aliran Silat Betawi di Jakarta dan Seputarannya

Debus Banten, Seni yang Mengagumkan dan Menegangkan

Serunya Rekreasi di Kolam Air Laut di Pulau Bintan

Selami budaya lain yang menarik untuk diketahui. Cari kisahnya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya