Share this page

Jalan-jalan di Alun-alun Malang, Jangan Lewatkan Tempat Berikut

Kompas.com - 7/Oct/2019 , 17:19 WIB

Jalan-jalan di Alun-alun Malang, Jangan Lewatkan Tempat Berikut

KOMPAS.com - Seperti kota-kota lainnya, alun-alun sebagai penanda kota di Malang juga telah menjadi magnet bagi para pelancong.

Uniknya, tempat itu tidak sekadar menjadi tempat berkumpul dan duduk-duduk, di sekitar alun-alun Malang juga terdapat beragam tempat wisata yang menarik untuk dihampiri.

Hal yang perlu diingat, Kota Malang memiliki dua alun-alun, yaitu alun-alun Tugu yang berada di dekat Stasiun Kereta Api Malang, dan alun-alun Kota Malang yang terpaut sekitar satu kilometer (km) dari alun-alun tugu. 

Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah wisata di sekitar alun-alun Kota Malang. Ada apa saja di sana?

Gereja-Gereja gothik bersejarah

Kurang dari 300 meter dari alun-alun, ada dua gereja bersejarah di Kota Malang, yaitu Gereja GPIB Immanuel dan Gereja Hati Kudus Yesus, atau yang biasa dikenal juga dengan nama Gereja Kayutangan.

Tidak hanya menjadi tempat peribadatan umat Kristiani, kedua gereja itu juga telah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi, terutama buat Sobat Pesona yang mencintai sejarah. Kedua gereja tersebut telah berdiri sejak lebih dari 120 tahun yang lalu.

Masjid bersejarah

Bukan cuma gereja yang bersejarah, alun-alun Kota Malang juga memiliki Masjid Agung Malang yang tidak kalah bersejarahnya. Dibangun tahun 1890, Masjid Agung Malang terletak persis di seberang alun-alun Malang.

Selain bisa menunaikan ibadah salat, Sobat Pesona juga bisa menemukan cerita-cerita soal sejarah Kota Malang di masjid itu.

Toko Oen

Tidak lengkap rasanya bila nongkrong di alun-alun tanpa mencicipi kuliner di sekitarnya. Toko Oen merupakan tempat yang tepat untuk itu.

Toko yang berada sekitar 160 meter dari alun-alun Malang tersebut sudah berdiri sejak 1922. Sebenarnya Toko Oen pertama justru berada di Yogyakarta dan kemudian memiliki cabang di Semarang, Jakarta, termasuk juga Malang.

Saat ini Toko Oen yang masih bertahan hanya di Semarang dan Malang.

Di toko tersebut, wisatawan bisa menemukan beragam kudapan khas noni-noni Belanda, seperti kaastengel, speculaas, dan kukis havermout. Selain itu, Toko Oen juga menyediakan beragam pilihan makanan, baik makanan oriental, barat, maupun kuliner khas Indonesia.

Bank Indonesia

Bangunan bersejarah lain yang bisa wisatawan temukan di sekitaran alun-alun Kota Malang adalah kantor cabang Bank Indonesia. Walau tidak dibuka untuk umum, namun bangunan tersebut sangat layak untuk dijadikan gambar latar swafoto.

Monumen Chairil Anwar

Letaknya agak tersembunyi lantaran berada di tengah taman. Namun, monumen ini cenderung lebih rapi lantaran tidak banyak sampah dan coret-coretan hasil vandalisme. Saat ini Monumen Chairil Anwar menjadi tempat wajib untuk swafoto saat berkunjung ke Malang.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi tempat tersebut ya!

Baca artikel lainnya:

Bebek Bakar Kerto, Bebek Bumbu Bacem Malang, Maknyus!

Berkunjung ke Museum yang Serba Komplit? Ke Museum Angkut Saja!

Jalan Tunjungan, Ikon Historis Kota Pahlawan

Jelajahi keindahan destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Cari informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya