Share this page

Nikmatnya Ikan Depik, Ikan Endemik dari Aceh

Kompas.com - 9/Sep/2019 , 17:23 WIB

Nikmatnya Ikan Depik, Ikan Endemik dari Aceh

KOMPAS.com - Kuliner Aceh memang terkenal unik, salah satunya adalah ikan depik. Ikan endemik ini hidup di Danau Laut Tawar, Dataran Tinggi Gayo, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Adapun musim yang baik untuk menjaring ikan depik adalah pada Agustus hingga akhir tahun. Nelayan bisa tahu musim berburu ikan depik dari perubahan iklim yang ditandai dengan angin terasa lebih dingin dan adanya gerimis kecil.

Pada masa bertelur, ikan depik akan bermigrasi menuju sumber mata air untuk meletakkan miliaran telur di bebatuan. Selanjutnya, ikan depik akan kembali ke habitat aslinya, yaitu di bawah karang di bagian selatan danau.

Setelah menetas, Sobat Pesona akan menyadari bahwa ikan depik ini mirip seperti ikan teri. Tubuhnya berwarna perak dengan lebar kurang lebih 2 centimeter dan panjang mencapai 8 centimeter.

Dari para nelayan, ikan depik lalu dijual ke pasar sekitar Takengon. Sekilo ikan depik biasanya dijual sekitar Rp 60.000 hingga Rp 80.000. Ikan depik kering atau yang sudah dijemur adalah jenis yang paling diincar oleh para pembeli.

Mudah diolah

Ikan depik bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satu yang paling disukai oleh masyarakat Takengon adalah ikan depik pengat atau dimasak kering. Ikan depik pengat merupakan kuliner favorit masyarakat Takengon dan sangat cocok di lidah wisatawan dari luar Aceh.

Ikan Depik, ikan khas Aceh.https://pesona.travel Ikan Depik, ikan khas Aceh.

Bumbu untuk memasak ikan depik pengat cukup sederhana. Bumbu-bumbu yang digunakan mulai dari cabe merah, tomat, kunyit bawang merah, sampai berbagai rempah. Bumbu ini dihaluskan bersama, lalu dibalurkan ke ikan depik.

Sebelum direbus, tambahkan empan atau andaliman dan daun degarang atau daun mint untuk menambah aroma. Jangan lupa tambahkan garam dan jeruk nipis secukupnya. Rebus ikan yang sudah dibumbui selama 30 menit atau hingga airnya kering.

Ikan depik pengat memiliki rasa gurih yang sungguh nikmat disantap dengan nasi panas. Selain enak, konon ikan depik juga bisa membantu tubuh kita hangat, lho.

Selain ikan depik pengat, masyarakat Takengon juga memasak ikan depik dengan beberapa cara. Ada juga ikan depik dedah dengan proses memasak dikukus, ikan depik goreng. dan ikan depik masam jing atau asam pedas. Kalau kalian, suka yang mana?

Baca artikel lainnya:

Lezatnya Mie Tarempa, Mie Ikan Tongkol Khas Tanjung Pinang

Pendap, Pepes Ikan Fermentasi Ala Bengkulu

Gohu, Ikan Mentah Ala Ternate Yang Bikin Ketagihan!

Cicipi beragam kuliner khas lainnya di Indonesia. Telusuri informasinya lewat laman Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya