Share this page

Menikmati Indahnya Pantai Cacalan

Kompas.com - 9/Sep/2019 , 15:34 WIB

Menikmati Indahnya Pantai Cacalan

KOMPAS.com -  Pantai Cacalan berlokasi di Timur Pulau Jawa, BanyuwangiSobat Pesona mungkin sudah sering dengar beberapa pantai indah di wilayah itu, di antaranya Pantai Pasir Ireng, Pantai Pulau Merah hingga G-Land yang selalu menjadi incaran wisatawan.

Nah, ada satu lagi pantai yang tak kalah indah, yaitu Cacalan di Sukowidi. Jarak ke Pantai Cacalan cukup dekat, hanya 5 kilometer dari Banyuwangi. Pantai ini juga berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang, sekitar satu kilometer saja.

Saat menuju ke Pantai Cacalan, Sobat Pesona akan melewati Lundin Industry, perusahaan yang memproduksi kapal militer berbasis teknologi Swedia.

Pantai Cacalan mulai ramai dikunjungi sejak 2016. Wisatawan mulai beralih dari Pantai Boom karena area lepas pantai tersebut ditutup untuk dibangun menjadi pelabuhan kapal pesiar.

Sejak saat itu, Pantai Cacalan terus dipercantik dan ditambahkan berbagai fasilitas.
Menurut cerita masyarakat, nama "cacalan" ada banyak versi.

Dulu, daerah ini banyak ditumbuhi pohon jajang atau bambu. Saat mulai dilirik wisatawan, pantai ini sedikit demi sedikit dibersihkan oleh masyarakat sekitar.

Mereka membersihkan area pantai dengan bantuan cangkul yang oleh masyarakat sekitar disebut "dicacal".

Sobat Pesona dapat menikmati keindahan Selat Bali dari lepas Pantai Cacalan. Di sana, kita bisa bermain di bibir pantai sambil menikmati debur ombak yang tenang.

Jika ingin ke tengah laut, Sobat Pesona bisa menyewa perahu. Perahu ini juga bisa membawa wisatawan menyeberang ke Pulau Santen dan Pantai Boom. Saat air surut, Sobat Pesona bisa menikmati hamparan bebatuan yang ditumbuhi rumput laut.

Pantai Cacalan sendiri dibagi menjadi dua area. Area pertama seluas 1,2 hektare yang berada di sepanjang garis pantai. Sedangkan 2,2 hektare lainnya dibangun oleh pemerintah setempat menjadi area bermain, restoran serta tempat beristirahat.

Jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda, Sobat Pesona bisa berburu sunrise di Pantai Cacalan. Posisinya yang menghadap ke Timur dan Utara sangat cocok untuk menyaksikan sunsrise.

Waktu yang paling pas untuk menyaksikan sunrise di Pantai Cacalan adalah pukul 4.30 pagi. Wah, tak salah memang Banyuwangi diberi julukan The Sunrie of Java karena pantai-pantainya selalu memberikan pemandangan sunrise yang mempesona.

Baca artikel lainnya:

Pulau Merah, Primadona Surfer di Ujung Timur Jawa

Raja Ampat Van Java Itu Bernama Waduk Bajul Mati

4 Kuliner Eksotis Banyuwangi, Manis Hingga Pedas Menampar

Nikmati keindahan Indonesia dari obyek wisata lainnya. Cari informasinya lewat Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya