Share this page

Mencicipi Sup Kepala Ikan Patin Segar di Sanur

Kompas.com - 25/Aug/2019 , 18:25 WIB

Mencicipi Sup Kepala Ikan Patin Segar di Sanur

KOMPAS.com - Jika kita bicara soal kuliner khas Bali, yang menempel di kepala biasanya Ayam Betutu atau Nasi Campur.

Tak salah sih, tapi tahukah Anda kalau Bali punya ragam olahan laut yang bisa dicicipi ketika liburan ke sana? Salah satu yang paling dicari di Bali, khususnya di daerah Sanur, ialah Sup Kepala Ikan.

Di Sanur ada beberapa kedai yang menjual sup kepala ikan yang cukup populer. Saat berkunjung ke Sanur beberapa waktu lalu, Pesona Travel sempat mencicipi salah satu kedai yang cukup ramai ketika makan siang tiba, yaitu Be Sanur.

Tempat makan Be Sanur ada di Jl. Cok Agung Tresna No.6t. Di Bali sendiri ada beberapa cabang Be Sanur yang bisa kita kunjungi, seperti di Jalan Matahari Terbit, hingga di Tanjung Benoa

Di Be Sanur, pengunjung tidak perlu bingung untuk memilih menu makan siang. Sebab, saat duduk, kita hanya ditanya; “berapa orang?”, maka satu paket menu akan disediakan, yaitu; sup kepala ikan patin, ikan goreng patin, sambal, dan nasi putih.

Yup, kedai ini hanya menjual menu paketan ikan patin saja. Tapi tenang, dutnuk minuman, ada beragam yang bisa dipilih kok.

Pertama kali menyeruput sup ikannya, di mulut sudah sangat terasa segar sekali. Perpaduan antara rasa asin dan asam, terasa sangat pas di lidah. Cocok banget disiram sedikit demi sedikit di atas nasi putih hangat. Sungguh menambah gairah untuk terus mengunyah.

Bagaimana dengan daging ikannya? Jawabannya cuma satu kata, lembut. Nampaknya tidak butuh usaha keras untuk mengunyah daging ikannya. Rasanya bagai lumer di lidah.

Begitu pun daging ikan patin yang digoreng. Di bagian luarnya memang terlihat crispy, tapi daging di dalamnya cukup lembut, dan bumbunya sangat terasa hingga dalam dagingnya.

Jangan lupa tambahi dengan sambal untuk memberi rasa nikmat. Rasa sambal yang disajikan tidak hanya pedas saja, ada rasa sedikit pahit yang terasa di lidah. Mungkin ada sedikit campuran terasinya.

Sambalnya juga sangat cocok untuk dicampurkan ke kuah sup kepala ikannya, loh! Kebayang tidak, bagaimana segarnya sup tersebut ketika ditambah sambal? Jadi, yang tadinya hanya ada rasa asin dan asam saja, kini bertambah rasa pedas. Wah, makin menambah nafsu makan saja.

Pilihan kuliner sup kepala ikan nampaknya sangat cocok untuk dicicipi siang hari. Segarnya kuah sup akan membuat mata kita sedikit melek, karena lelah keliling seharian di Pulau Dewata.

Harga sop ikan cuku ramah di kantong. Satu porsi sup kepala ikan patin, patin goreng, dan nasi putih dibanderol dengan harga Rp 35.000 saja, loh!


Baca artikel lainnya:

Nasi Campur Bali Tak Semuanya Non Halal, Ada Juga yang Halal

Menjajal Ayam Betutu Terbaik di Pulau Dewata

Menikmati Kopi Luwak Liar Asli di Warung Bali Coffee

Telusuri juga keindahan Indonesia lainnya lewat cara berbeda. Nikmati kisahnya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya