Share this page

5 Kuliner Wajib Coba Khas Buleleng

Kompas.com - 25/Aug/2019 , 14:53 WIB

5 Kuliner Wajib Coba Khas Buleleng

KOMPAS.com -  Buleleng merupakan salah satu wilayah di Singajara, Bali. Daerah ini terkenal karena keindahan Pantai Lovina, tempat di mana Sobat Pesona bisa bertemu dengan lumba-lumba di alam liar.

Selain menikmati keindahan alam Buleleng, jangan lupa untuk memanjakan lidah dengan mencicipi kuliner khas Buleleng yang terkenal lezat dan unik.

1. Jukut undis

Bahan utama hidangan ini adalah kacang hitam yang dalam bahasa Buleleng dikenal dengan " jukut undis".

Jukut undis sering disajikan sebagai menu pendamping, misalnya saat memakan nasi campur khas Bali. Sobat Pesona juga bisa memakan jukut undis sambil menikmati sudang lupet.

Untuk memuat jukut undis, kacang hitam harus direndam terlebih dulu selama dua jam. Lalu, kacang hitam dicampurkan dengan kaldu dan bumbu lainnya. Kacang hitam yang masih muda juga biasa digunakan untuk lalapan atau sayur.

2. Sudang lepet

Sudang lepet biasanya disajikan dengan nasi campur atau nasi urap yang dilengkapi dengan ikan asin yang digoreng hingga renyah. Tak ketinggalan jukut undis yang menyempurnakan sudang lepet.

Hidangan ini tergolong murah, tapi sangat direkomendasikan jika Sobat Pesona mencari kuliner khas Buleleng. Namun, dibalik populernya makanan ini, ternyata warung yang menyediakan sudang lepet sangat sedikit. Wah, siapa cepat dia dapat!

3. Blayang

Jika di Jawa Sobat Pesona mengenal pecel, di Buleleng ada hidangan serupa bernama blayang. Berbeda dengan pecel yang disiram dengan kuah kacang, blayang diberikan kuah kuning khas bumbu Bali.

Satu porsi blayang biasanya disajikan dengan berbagai sayuran, mulai dari tauge, bayam, lalu ditambah dengan kacang tanah, telur rebus dan suwiran daging ayam. Jangan lupa tambahkan peyek untuk menambahkan sensasi "kriuk" yang membuat blayang makin sedap.

4. Siobak Khe Lok

Hidangan ini berasal dari masyarakat Tionghoa yang datang ke Bali pada 1960-an. Siobak khe lok merupakan hidangan yang menggunakan irisan daging, lemak goreng, jeroan, usus dan kulit yang berasal dari babi.

Siobak khe lok khas wilayah Buleleng menggunakan rempah bernama ngoyang. Inilah yang membedakan siobak khe lok khas Buleleng dengan yang ada di tempat lain. Hidangan ini disajikan bersama dengan saus berwarna coklat gurih-pedas serta acar mentimun.

5. Sate Plecing

Salah satu hidangan yang tak boleh ketinggalan saat ke Buleleng, yaitu sate plecing. Sate ini terbuat dari potongan daging babi yang dibakar di atas bara.

Hal yang unik dari sate plecing adalah sausnya. Saus pada sate plecing tidak menggunakan sambal kacang atau kecap, melainkan sambal cabai yang pedas dengan aroma terasi.

Sate plecing biasanya dimakan bersama nasi atau lontong. Hidangan ini dapat Sobat Pesona temukan di daerah Pantai Lovina. Sangat cocok untuk disantap sehabis main air di pantai, ya.

Baca artikel lainnya:

Buleleng, Lumba-lumba dan Kera di Bali Utara

4 Kuliner Eksotis Banyuwangi, Manis Hingga Pedas Menampar

5 Kuliner Ikan Mentah Nusantara, Lezat, Pantang Dilewatkan

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya