Share this page

Jalan-jalan ke Maluku, Memberi Makan Belut Raksasa di Kolam Waiselaka

Kompas.com - 22/Aug/2019 , 14:11 WIB

Jalan-jalan ke Maluku, Memberi Makan Belut Raksasa di Kolam Waiselaka

KOMPAS.com - Desa Waai di Maluku Tengah merupakan sebuah desa yang sunyi. Jarang sekali ada wisatawan mampir ke daerah ini karena memang saat itu tidak ada tempat wisata yang menarik.

Hingga 2015, nama desa Waai mulai mencuat lantaran adanya kolam alami yang amat bening. Kolam tersebut sangat cocok untuk tempat berendam dan melepaskan penat sejenak.

Tidak cuma kolam yang jadi primadona, tapi juga keberadaan belut Morea yang dianggap sebagai belut keramat oleh warga sekitar. Belut Morea sekilas memang terlihat menakutkan, namun ternyata belut ini sudah jinak.

Di pagi dan siang hari, wisatawan bisa berendam sambil menikmati rimbunnya pepohonan di sekitar kolam Waiselaka. Jangan takut soal ketersediaan makanan dan minuman, di sekitar kolam sudah banyak tersedia warung yang menjajakan camilan dan makanan khas Maluku.

Menjelang sore hari akan digelar atraksi rutin yang sudah dilaksanakan secara turun temurun sejak ratusan tahun lalu. Seorang tetua adat akan datang ke kolam dan memanggil kawanan belut raksasa itu ke tengah kolam.

Terasa tak masuk akal memang. Mana mungkin manusia bisa berbicara dengan hewan liar? Tapi, percaya atau tidak, itu benar-benar terjadi di sana.

Perlahan, belut yang paling besar diikuti dengan belut lain yang lebih kecil akan menghampiri si tetua adat untuk memita makanan. Sang pawang pun akan membuka telur ayam, meletakkannya di atas air dan akan diserbu oleh kawanan belut itu.

Menurut pawang , morea adalah makhluk yang amat dijaga oleh warga Desa Waai. Bahkan jika dalam keadaan lapar sekalipun, warga desa tak akan makan morea. Meski menjadi tujuan wisata, warga juga tidak pernah mengangkat morea ke luar dari air karena takut membuat hewan ini tersiksa.

Nah, wisatawan juga bisa ikut memberi makan morea dengan membayar sekitar Rp 40.000. Dengan biaya itu kita akan mendapat telur sebagai makanan favorit belut. Ingat, aktivitas ini harus ditemani oleh pawang yang berpengalaman ya!

Baca artikel lainnya:

Menyusuri Maluku Lewat Benteng-Benteng Megahnya

3 Surga Diving, Primadona Selam di Laut Maluku

Yuk, Eksplor Tiga Pantai Terindah di Tanah Maluku Ini

Telusuri alam Indonesia lewat obyek wisatanya. Jangan lewatkan ceritanya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya