Share this page

Macam-macam Hidangan Berbahan Sagu Khas Ambon, Coba Yuk

Kompas.com - 18/Aug/2019 , 09:27 WIB

Macam-macam Hidangan Berbahan Sagu Khas Ambon, Coba Yuk

KOMPAS.com - Bagi masyarakat Ambon, sagu bukanlah bahan pelengkap. Lebih dari itu, karena panganan ini adalah pokok.

Sebab, selain dijadikan sebagai pengganti nasi, sagu juga diolah menjadi berbagai makanan lainnya. Jika Sobat Pesona ke Ambon, makanan-makanan berikut mudah ditemui di pasar tradisional. Yuk, ketahui makanan khas Ambon yang terbuat dari sagu ini!

1. Bagea

Bagea merupakan salah satu kudapan manis yang sangat pas untuk teman minum kopi atau teh. Bagea terbuat dari sagu dan tambahan bahan lainnya seperti kenari kering, kacang tanah, cengkeh, kayu manis, dan minyak sayur.

Camilan yang juga dikenal dengan kue sagu ini dibentuk bulat dan berwarna coklat pucat. Teksturnya agak keras dan cenderung sulit untuk dikunyah jika belum terbiasa. Makanya, bagea sangat cocok untuk dijadikan camilan pendamping untuk ngopi atau ngeteh sore-sore.

2. Papeda kuah kuning

Sobat Pesona pasti sudah tahu bahwa papeda merupakan karbohidrat yang dikonsumsi oleh masyarakat Ambon sejak zaman nenek moyang dulu. Papeda dijadikan sebagai pengganti nasi dan sering dimakan bersama lauk pauk.

Salah satu hidangan yang sering disajikan dengan papeda adalah ikan kuah kuning. Kuahnya yang pedas dan gurih sangat cocok dimakan dengan papeda yang rasanya tawar.

3. Sagu lempeng

Sagu lempeng merupakan salah satu camilan tradisional yang masih dimakan hingga saat ini. Cara memasaknya pun masih menggunakan alat-alat sederhana.

Bahan-bahan sagu lempeng terbuat dari tepung sagu yang diayak berkali-kali hingga benar-benar halus. Tepung sagu kemudian dibakar dalam cetakan batu atau tanah liat bernama forna. Saat dibakar, sagu lempeng biasanya diberi taburan parutan kelapa atau gula merah.

4. Sinoli

Sekilas, sinoli mirip dengan kue dadar atau risoles. Namun, sinoli juga terbuat dari adonan tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa, pala bubuk, dan kenari. Biasanya adonan sinoli akan ditambahkan sedikit garam agar rasanya gurih.

Adonan ini kemudian dimasak di atas wajan setipis mungkin dengan cara ditekan-tekan. Hal ini dilakukan agar mudah digulung. Biasanya, sinoli diisi oleh gula aren cair yang memberikan cita rasa manis.

5. Bubur sagu ubi

Meski namanya bubur, tapi bubur sagu uni merupakan camilan bercita rasa manis yang cukup digemari oleh para wisatawan. Untuk membuatnya, sagu lempengan direndam ke dalam air hingga mengembang. Lalu, sagu ditiriskan hingga kering.

Sementara itu, untuk kuahnya, gula merah direbus bersama gula pasir, dan daun pandan. Selanjutnya, masukkan sagu ke dalam panci bersama ubi merah yang sudah direbus sebelumnya. Tambahkan santan kental dan taburan kacang kenari agar bubur sagu ubi lebih nikmat.

Baca artikel lainnya:

Jangan Salah, Ini Cara Makan Papeda yang Benar

Melihat Lebih Dekat Proses Pembuatan Sagu Papua

Kenyalnya Mie Sagu Batam, Membuat Ketagihan

Cicipi ragam kuliner khas Indonesia lainnya. Temukan juga cerita yang lain lewat Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya