Share this page

Masjid Tersembunyi di Taman Sari Itu Berama Sumur Gumuling

Kompas.com - 17/Aug/2019 , 17:56 WIB

Masjid Tersembunyi di Taman Sari Itu Berama Sumur Gumuling

KOMPAS.com - Taman Sari merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi wisatawan karena keindahannya.

Jika sedang ke Taman Sari, coba lanjutkan menelusuri sebuah "jalan rahasia" yang akan membawa Sobat Pesona ke sebuah masjid tersembunyi. Namanya Sumur Gumuling.

Disebut "rahasia" karena memang berada tersembunyi agak ke dalam dan melewati lorong yang panjang untuk mengelabui tentara Belanda pada masa penjajahan dulu.

Lorong-lorong ini bernama Tajuh. Sudah begitu, bentuknya mirip labirin.

Di ujung lorong, terdapat area melingkar kecil di tengah yang dihubungkan dengan lima tangga dari berbagai sisi.

Dulu, area tersebut digunakan sebagai mimbar untuk berdakwah oleh para pemuka agama dan tempat imam memimpin shalat.

Desain lorong terdiri dari dua lantai dan konon kedap suara. Wisatawan bisa mendengar suara dari Sumur Gumuling karena gemanya sampai pada jarak yang cukup jauh.

Dulu, kegiatan keagamaan dilarang oleh pemerintah Belanda. Namun, suara imam dari Sumur Gumuling bisa terdengar hingga ke penjuru lorong, layaknya pengeras suara.

Area lorong itu digunakan oleh raja dan anggota keluarga Sultan untuk shalat atau untuk duduk saat ada acara keagamaan.

Adapun area shalat terbagi menjadi dua lantai. Lantai bawah untuk perempuan, dan lantai atas untuk laki-laki. Meski berada di lantai bawah, udara dan cahaya matahari bisa tetap masuk karena bagian atapnya terbuka.

Menilik bangunannya, arsitektur Sumur Gumuling merupakan perpaduan antara Jawa dengan Portugis. Hanya ada satu pintu masuk menuju Sumur Gumuling. Konon, maksud dari pintu ini melambangkan bahwa manusia tercipta dari tanah dan akan kembali ke tanah.

Ketebalan dinding Sumur Gumuling mencapai 1,25 meter. Ketebalan tembok diyakini karena dulu lokasi ini dikelilingi oleh tempat penampungan air.

Hal itu juga yang menyebabkan udara di dalam Sumur Gumuling amat sejuk.

Nah, untuk keluar dari area Sumur Gumuling, Sobat Pesona cukup kembali melewati lorong sama seperti saat masuk.

Namun, menurut masyarakat sekitar sebenarnya ada satu lorong yang menjadi pintu keluar untuk langsung tembus ke daerah pantai selatan Pulau Jawa, tepatnya Pantai Parangtritis.

Sayangnya, jalan tembus itu sudah ditutup, meski tak ada yang bisa memastikan apakah lorong tersebut sebenarnya benar-benar ada atau tidak.

Jika Sobat Pesona ke Taman Sari, sempatkanlah untuk menelusuri Sumur Gumuling. Lokasinya berada di utara pemandian Taman Sari, atau Sobat Pesona bisa masuk lewat Pasar Ngasem dari arah selatan. Yuk, jelajah Taman Sari hingga ke Sumur Gumuling.

Baca artikel lainnya:

Masjid Menara Kampung Melayu, Jadi Langganan Syuting Film

Masjid Agung Banten, Megah dengan Arsitektur Jawa Kuno - Tiongkok

Pusentasi, Sumur Berkhasiat Obat di Pesisir Donggala

Jelajahi alam Indonesia dan temukan keindahan lainnya lewat Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya