Share this page

Ke Yogyakarta, Yuk Mampir ke 4 Pantai Ini

Kompas.com - 12/Aug/2019 , 15:27 WIB

Ke Yogyakarta, Yuk Mampir ke 4 Pantai Ini

KOMPAS.com - Yogyakarta punya banyak pantai. Ada yang cocok disinggahi mulai dari untuk bersantai, sampai memacu adrenalin. 

Kompas.com mengumpulkan empat di antaranya, khususnya yang berada di wilayah Gunung Kidul. Berikut daftarnya:

Pantai Timang

Lokasi Pantai Timang berada di sebelah Tenggara Kota Yogyakarta. Untuk sampai di Pantai Timang, wisatawan harus menempuh perjalanan sepanjang 50 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam melalui Wonosari, Ibu Kota Kabupaten Gunung Kidul.

Letak Pantai Timang berada di jalanan terjal beralaskan bebatuan yang berbukit-bukit dan hanya dapat dilalui dengan kendaraan berpenggerak empat roda.

Tenang, di seputaran Pantai Timang telah tersedia paket wisata Off Road untuk melintasi terjalnya jalur menuju pantai.

Menariknya, Pantai Timang bukanlah pantai landai untuk berenang. Pantai ini beralaskan koral yang tajam dan terdapat palung yang dalam.Meski demikian, terdapat sebuah wahana yang jarang ditemui di pantai lainnya, yakni Gondola dan Canopi Trail (jembatan gantung) sebagai sarana menyeberang ke Watu Panjang (sebuah batu koral besar).

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai yang memiliki kontur dan bentang alam yang eksotis berdindingkan tebing dan batuan koral yang berbukit-bukit.

Pantai Nglambor masih satu garis dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Indrayanti yang sudah lebih dulu dikenal sebagai obyek wisata.

Namun, di Pantai Nglambor, wisatawan bisa menikmati keindahan dunia bawah laut dengan wahana snorkeling yang tersedia.

Lokasi Pantai Nglambor sendiri terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta, tepatnya sekitar 25 kilometer dari Kota Wonosari, Ibu Kota Kabupaten Gunung Kidul, dan dapat ditempuh selama2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta.

Pantai Drini

Sekilas, banyak orang menyamakan pantai ini dengan Tanah Lot Bali. Bedanya, Pantai Drini tidak memiliki pura di atas karang besarnya.

Jangan heran, pantainya memang tak kalah eksotis. Wisatawan bisa menyusuri pantai yang dikelilingi tebing besar dan deretan perahu nelayan di sana.

Pantainya memiliki dua teluk, lalu pasirnya berwarna cokelat. Pantainya bersih dan nyaman untuk kamu yang ingin bermain di bibir pantai. Lelah bermain, pengunjung bisa bersantai di warung-warung yang berjualan kelapa muda di tepian pantai.

Pantai Siung

Kalau bicara tentang pantai berkarang, Pantai Siung bisa disebut paling pertama. Pantai ini memiliki banyak karang berukuran raksasa di sisi barat dan timurnya.

Paling ikonik dari Pantai Siung adalah batu karang besar yang menjorok ke laut menyerupai gigi taring.

Biasanya, Pantai Siung digunakan para ahli untuk area panjat pinang. Pantai Siung memiliki fasilitas berkemah di tepi pantai untuk bermalam. Masalah toilet dan makanan juga tidak perlu risau. Pantai Siung merupakan kampung nelayan yang akan menyediakan warung makan dan toilet.

Nah, jadi itulah 4 pantai eksotis di Yogyakarta yang harus Sobat Pesona kunjungi ketika berwisata ke sana, ya!

Baca artikel lainnya:

5 Pantai Memukau di Toboali

Pantai Keren di Banyuwangi, Surga Peselancar dan Penyu

Kesejukan dan Keindahan di 3 Hutan Pinus Yogyakarta

Indonesia punya banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Cari informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya