Share this page

Menikmati Pulau Tabuhan, Keindahan Alam di Selat Bali

Kompas.com - 22/Jul/2019 , 14:41 WIB

Menikmati Pulau Tabuhan, Keindahan Alam di Selat Bali

KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi, wilayah bagian paling ujung Jawa Timur yang dipisahkan dengan Pulau Dewata oleh selat Bali punya beragam keindahan. Alamnya menjadi oase di tengah gempita destinasi wisata yang ramai.

Namanya Pulau Tabuhan. Wilayahnya memang merupakan bagian dari Banyuwangi. Letaknya tak jauh dari Kota Banyuwangi.

Pulau Tabuhan berada di Selat Bali namun masih masuk dalam wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Pulau Tabuhan merupakan pulau kosong, tak berpenghuni. Untuk mengelilingi pulau ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit, jalan kaki, karena luasnya hanya lima hektar.

Menikmati matahari

Pulau Tabuhan bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam perjalanan dengan perahu sewaan dari Pantai Bangsring maupun Watu Dodol.

Sepanjang perjalanan, pelancong akan disuguhi panorama yang sangat elok di Selat Bali. Gradasi warna laut dari hijau, kemudian berubah jadi biru, serta burung camar yang melintas. 

Mendekati arahnya, Pulau Tabuhan sudah nampak jelas dari atas perahu, hamparan terumbu karang yang ada di bawahnya begitu cantik. Tidak ketinggalan pasirnya yang putih sudah nampak dari kejauhan. Rasanya pengin memacu kapal, tak sabar untuk bermain di atasnya.

Saat terbaik untuk mengunjungi Pulau Tabuhan justru pada hari kerja, antara Senin sampai Jumat. Sebab, pada akhir pekan pulau ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Wisatawan ramai datang, biasanya untuk sekadar menikmati indahnya pasir putih yang terbentang luas, maupun ingin menikmati keindahan alam bawah laut yang memukau.

Dari pulau ini, wisatawan bisa menikmati matahari baik di waktu sunset maupun sunrise, karena letaknya yang menghadap ke arah timur adalah Pulau Bali.

Sedangkan ke arah barat menghadap perairan di sekitar Baluran dan Situbondo. Pulau ini juga cukup dekat dengan Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat.

Baca artikel seru lainnya dari Banyuwangi berikut ini:

5 Kuliner Ikonik Banyuwangi, Menggigit Lidah Tapi Paling Dicari

Kubah Masjid Agung Baiturrahman di Banyuwangi Bisa Digeser

Tari Gandrung, Tarian Banyuwangi yang Mendunia

Masih banyak destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Temukan informasinya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya