Share this page

Menyelami Keindahan Bawah Laut di Togean

Kompas.com - 9/Jul/2019 , 21:01 WIB

Menyelami Keindahan Bawah Laut di Togean

KOMPAS.com - Togean, kepulauan di bawah "kepala" Sulawesi merupakan destinasi sempurna untuk Sobat Pesona yang menginginkan alam bawah air indah dengan suasana masih alami.

Kepulauan itu merupakan salah satu bagian dari segitiga koral dunia yang terbentang sepanjang Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timur Leste. Di sana tersimpan kekayaan alam laut yang luar biasa.

Kepulauan Togean merupakan surga bagi penyelam dengan lebih dari 300 spot penyelaman. Kepulauan di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah itu memiliki spot selam beragam.

Mulai dari koral warna-warni, atol, barrier atau tebing bawah laut, ikan karang, hingga hiu dan "pemandangan" bangkai pesawat pembom B24 yang selebar 17 meter dan panjang 22 meter yang tenggelam pada masa Perang Dunia II.

Salah satu ciri khas yang manjadi daya tarik Togean adalah perairannya yang tenang, hangat, dan sangat jernih.

Adapun titik penyelaman yang paling populer adalah Pulau Unauna, dengan keragaman biota lautnya. Ada juga Pulau Kadidiri dengan arus tenang, hamparan pasir putih dan air bening memanggil untuk dijelajahi sampai kedalaman sekitar 30 meter.

Pemandu lokal biasanya akan mengajak penyelam menjelajahi sejumlah spot favorit seperti Bomba, atol, Reef Poyalisa, Malenge, California, dan sebagainya. Spot yang biasa dibilang wajib bagi penyelam di Togean, salah satunya adalah Appolo di Pulau Una-Una.

Di sana, penyelam dapat berenang bersama ribuan ikan barracuda yang bergerombol seperti gumpalan bola raksasa.

Kalau ingin menikmati perairan yang kaya dengan koral warna-warni dan kumpulan ikan cuwek, bisa ke spot Pinnacle. Spot lain yang tak kalah populer adalah Little Lembeh, favorit para fotografer bawah air.

Di sanalah surga foto makro, dengan ribuan mahluk kecil berwarna-warni.

Titik-titik penyelaman di Kepulauan Togean bisa dicapai dengan kapal cepat dalam 1 sampai 2 jam dari Pelabuhan Wakai, Togean.

Kapal dan alat selam bisa disewa dari sejumlah hotel dan operator selam di sana, seperti Kadidiri Paradise Resort atau Black Merlin.

Kepulauan Togean memiliki sejumlah fasilitas akomodasi dengan harga beragam. Umumnya berkisar mulai Rp 250.000- Ro 300.000 per orang per malam. Boaya itu sudah termasuk biaya makan, tetapi tak tetmasuk apabila wisatawan tertarik dengan aktivitas selam.

Pengelola resort biasanya menjemput tamu pada salah satu pulau terdekat dengan Ampana, Ibu Kota Kabupaten Tojo Una-Una yang juga menaungi Kepulauan Togean.

Sensasi ‘Remote Island’ di Kepulauan Togean

Mendaki Gunung Colo, Gunung Api yang Mengubah Togean

Menyusuri Beragam Karang Wallacea di Togean

Selami keindahan Indonesia tak hanya dari Kepulauan Togean. Cari informasinya lewat Pesona Indonesia. 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya