Share this page

Pantai Bara, Tempat Menyepi di Ujung Tanjung Bira

Kompas.com - 12/Jun/2019 , 22:24 WIB

Pantai Bara, Tempat Menyepi di Ujung Tanjung Bira

KOMPAS.com - Destinasi wisata Bulukumba, Sulawesi Selatan diakui atau tidak masih bergantung pada kesohoran Pantai Tanjung Bira. Padahal cukup banyak destinasi di sekitarnya yang tidak kalah elok. Salah satunya adalah pantai Bara.

Jika Anda berada di Pantai Tanjung Bira, dan menghadap pantai, di ujung paling kanan lah pantai itu berada. Bisa dibilang areanya masih menjadi satu.

Buat wisatawan yang mencari ketenangan, pantai Bara cocok untuk dijadikan labuan. Penginapan pun cukup banyak tersedia bergantung seberapa besar kocek yang disediakan.

Tidak heran jika turis- turis mancanegara banyak yang memilih tinggal di lokasi tersebut. Suasananya tenang seperti terisolasi, meskipun berada pada satu area di Tanjung Bira yang ramai wisatawan.

Fasilitas untuk wisatawan 

Pasir putih yang lembut dan birunya pantai begitu memanjakan mata dan hati. Kebersihan pantai Bara cukup terjaga, hanya rumput-rumput laut kering kecoklatan yang terhampar di beberapa tempat di bibir pantai.

Namun secara berkala, masyarakat setempat membersihkannya. Dikumpulkannya rumput-rumput itu, lalu dimasukkan ke dalam galian pasir pantai dan kemudian ditimbun kembali. Jangan khawatir, rumput yang ditimbun itu adalah rumput laut. Jadi dijamin tidak mencemari.

Jejeran pohon kelapa menyambut di pintu masuk plus sejumlah warung yang menjajakan makanan dan minuman serta souvenir.

Suasana di Pantai Bara, jauh dari hiruk-pikuk.https://pesona.travel/ Suasana di Pantai Bara, jauh dari hiruk-pikuk.

 

Untuk yang hobi camping, juga disediakan lokasi camping ground. Kalau mau lokasi yang lebih sepi, bisa saja berjalan sedikit jauh ke arah sudut kanan agar terhindar dari hilir mudik pengunjung lainnya.

Selain memang sepi, spot di bagian itu memang terbilang lebih menarik. Dinding dan batu karang lepas dipadu hijaunya daun serta birunya air laut menjadikannya terasa eksotis.

Sementara satu, dua perahu nelayan dan juga perahu untuk wisatawan berjejer di tepi pantai. Kehadirannya semakin melengkapi keindahan pantai tersebut.

Sementara di kejauhan tampak Pulau Liukang Loe. Seperti juga di Pantai Tanjung Bira, wisatawan dapat menggunakan jasa kapal untuk menyambangi dia pulau yang ada di sana, yaitu Pulau Liukang Loe dan juga Pulau Kambing dengan waktu tempuh sekitar 15 sampai 20 menit saja.

Ingin diving atau snorkeling? Jangan khawatir, spot-spot bawah air yang menawan banyak terdapat di area ini. Pun dengan penyewaan alatnya.

Fasilitas yang ada di Pantai tersebut cukup komplit. Jadi jika ingin menghabiskan waktu di Pantai nan eksotis yang jauh dari hiruk pikuk keramaian. Pantai Bara bisa menjadi alternatif jitu yang layak dipertimbangkan.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Sulawesi Selatan berikut ini:

Pulau Samalona, Pulau Mungil Dekat Pantai Losari

Ukiran, Simbol Harapan dan Doa Orang Toraja

Indahnya Bukit Lolai Toraja Bagai Negeri di Atas Awan

Telusuri juga destinasi wisata lainnya. Cari informasinya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya