Share this page

Mudik ke Jambi, Jangan Lupa Coba Gulai Ikan Patin

Kompas.com - 7/Jun/2019 , 18:14 WIB

Mudik ke Jambi, Jangan Lupa Coba Gulai Ikan Patin

KOMPAS.com - Kalau kebetulan musim mudik ini berada di Jambi, jangan lupa cicipi kuliner legendarisnya yakni gulai ikan patin. Konon, gulai ikan patin ampuh untuk menangkal kolesterol berkat bumbu rempahnya. Cocok disantap setelah beberapa hari menikmati menu khas Lebaran yang sarat akan santan dan daging-dagingan.

Masyarakat Jambi memiliki olahan gulai yang sangat khas. Bahan utamanya sudah pasti, ikan khas yang hidup di aliran sungai-sungai di Jambi, ikan patin.

Ikan patin dimasak dengan aneka rempah khas gulai, seperti kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis, dan jintan.

Lalu apa yang menjadi keunikan gulai dari Tanah Kerinci ini? Ikan patin dimasak dengan tempoyak, yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tapi karena tidak semua orang suka dengan bau dan rasa tempoyak yang menyengat, di beberapa tempat gulai ikan patin dimodifikasi, dimasak dengan campuran santan.

Gulai ikan patin merupakan salah satu olahan paling populer di Jambi. Jadi tak bakal sulit menemukan kuliner segar ini di berbagai pelosok provinsi yang tengah dikembangkan sebagai sentra ikan patin nasional ini.

Gulai Ikan Patin khas Jambi ini paling lezat dinikmati ketika masih panas, ditemani sepiring nasi pulen. Sedap....

Ikan patin termasuk dalam kelompok genus pangasius. Kandungan gizi yang terdapat dalam ikan sangat tinggi yaitu asam lemak esensial DHA dan EPA, vitamin A, omega 3, vitamin B6, vitamin D, vitamin B12, zat besi, selenium, yodium. Protein yang terdapat pada ikan ini sekitar 23 – 28 persen, dengan kandungan lemak lebih rendah daripada ikan-ikan lainnya.

Konon kandungan lemak tak jenuh sebesar 50 persen yang terdapat pada ikan patin dapat mencegah penyakit kardiovaskular atau sistem organ yang memiliki fungsi memindah zat ke dan dari sel, dapat juga menurunkan kolesterol jahat sehingga mampu mencegah atau menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Luar biasa kan, sudah lezat, sehat pula!

Baca juga artikel seru lainnya tentang Jambi berikut ini:

Gulai Ikan Semah, Kelezatan Dari Sungai Berarus Deras Jambi

Masjid Seribu Tiang Jambi, Jumlah Tiangnya Seribu?

Muaro Jambi, Keindahan Alam yang Bersatu dengan Wisata Religi

Cicipi ragam kuliner Indonesia lainnya. Telusuri informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya