Share this page

Nikmatnya Sroto dalam Buah Kelapa

Kompas.com - 6/Jul/2019 , 18:34 WIB

Nikmatnya Sroto dalam Buah Kelapa

 

KOMPAS.com - Ada kuliner unik yang bisa didapat saat berada di Purbalingga. Arahkan kendaraan ke arah timur sekitar 4 kilometer, tepatnya di Desa Toyareja. Di situ ada sroto yang beda dibandingkan sroto pada umumnya. Namanya Sroto Klamud Toyareja.

Sesuai namanya, klamud yang merupakan kependekan dari kelapa muda. Ya, penyajian sroto ini menggunakan wadah dari kelapa muda. Lantas istimewanya di mana? Nah yang membuatnya spesial selain racikan bumbu tentunya, mie soun yang umumnya ada di sroto diganti menggunakan daging kelapa.

Ditemani Es Badeg dan Jondol

Yuni atau akrab dipanggil Bu Yuni, pemiliknya mengklaim ini satu-satunya sroto yang menggunakan bahan tersebut. “Karena dasarnya saya suka mengulik resep makanan. Ini sekaligus saya jadikan selling point dibandingkan yang lain, utamanya yang ada di Purbalingga,“ tutur dia.

Keunikan rasa didapati sejak suapan pertama. Paduan kuah sroto dengan daging kelapa, memberi sensasi  tersendiri. Bahkan tidak merusak cita rasa dari sroto itu sendiri. Pokoknya nikmat… Apalagi jika ditambah sambalnya. Dijamin rasanya bikin rindu!

“Sekalian cicipi es Badeg dan es Jondol sekalian. Mumpung di sini hehehe,” tawar Yuni.

Rupanya Es Badeg yang ditawarkan adalah minuman yang terbuat dari nira kelapa. Rasanya segar, “Manisnya asli nira, karena saya tidak menambahkan pemanis apapun, “ ujarnya.

Lalu apa itu Es Jondol? “Jondol, singkatan dari kacang ijo dan cendol. Jadi bahan dasar cendolnya terbuat dari kacang ijo,“ jelasnya.

“Sebenarnya masih ada beberapa resep yang akan saya keluarkan, tapi itu nanti saja. Saya konsentrasi ke sroto klamud aja dulu,” tambahnya.

Nah, kalau datang ke Purbalingga kuliner racikan Yuni ini jangan sampai dilewatkan ya.  Rasakan sensasi segar dan gurihnya Sroto Klamud Toyareja. 

Baca artikel seru tentang destinasi di Jawa Tengah berikut ini:

Kampung Kurcaci di Hutan Damar Purbalingga

Minuman Berkhasiat Tradisi Turun Temurun

Taman Rekreasi Terbesar di Semarang

Indonesia masih punya banyak kuliner yang tak kalah lezat dari sroto. Telusuri lebih jauh dari Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya