Share this page

Ke Bandung, Jangan Lupa Cicipi 3 Kedai Mie Kocok Legendaris Berikut

Kompas.com - 16/May/2019 , 18:19 WIB

Ke Bandung, Jangan Lupa Cicipi 3 Kedai Mie Kocok Legendaris Berikut

KOMPAS.com-Bandung punya kuliner khas mie kocok. Saking banyaknya, orang bilang belum pernah ke Bandung kalau belum coba mie kocok-nya.

Nah, saat ini setidaknya ada tiga kedai mie kocok legendaris di Bandung yang wajib dikunjungi kalau ke sana. Dari ketiganya, apa yang menjadi pembeda?

1. Mie Kocok Persib

Mie kocok legendaris pertama adalah  Mie Kocok Persib. Salah satu mie legendaris di Kota Bandung ini sangat mudah ditemukan.

Letaknya ada di area parkir Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani no 262, Kota Bandung. Mie Kocok Persib berada tepat di pintu gerbang masuk.

Harha satu porsi sekitar Rp 23.000. Dalam semangkuk mie kocok berisi mie gepeng, tauge, kikil, serta potongan tulang iga dengan daging yang masih menempel. Hmm, sangat menggoda untuk dicicipi.

Kuahnya sendiri diambil dari belasan kilogram rebusan daging serta tulang berisi sumsum yang direbus selama enam jam. Rebusan daging itu nantinya akan mengeluarkan kaldu hingga tercipta kuah yang beraroma.

Mie Kocok Persib sendiri sudah ada sejak tahun 1963. Awalnya dikenal dengan Mie Kocok Riau karena terletak di dekat Jalan Riau.

2. Mih Kocok Bandung Mang Dadeng

Mih Kocok‎ Mang Dadeng berada di Jalan Banteng (KH Ahmad Dahlan) No 67. Berbeda dengan mie kocok biasa, Mih Kocok Mang Dadeng dibuat menggunakan 27 macam bumbu rempah-rempah.

Tak hanya itu, rebusan kaki dan tulang sapi dilakukan dengan cara yang berbeda. Setelah empat jam direbus, kaldu mie kocok ini ditambahkan daun salam, sereh, serta jahe ke dalam rebusan tersebut.

Penyajiannya pun terbilang lain, karena Mie Kocok Spesial yang disajikan di tempat ini menggunakan sumsum. Bagi yang ingin merasakan mie kocok spesial Mang Dadeng, pengunjung harus merogoh kantong Rp 23.000 tiap porsi.

3. Mie Kocok SKM

Ada yang uni‎k dari kedai Mie Kocok SKM. Jika dilihat dari penyajiannya, Mie Kocok SKM memiliki warna kuah agak kuning.

Warna tersebut berasal dari bumbu rempah. Adapun teknik memasaknya pun terbilang berbeda. Tulang dan tapal kaki sapi dibelah dua agar sumsum dalam tulangnya lumer, dan berguna untuk menjaga aroma kaldu.

Tak hanya itu, Mie Kosok SKM menambahkan kunyit, ketumbar, tenggiri, serta bawang putih untuk menambah rasa serta aroma dari kuah buatannya.

Kikil yang disajikan juga adalah yang terlembut dibandingkan kikil lainnya. Bagi penikmat mie yang ingin merasakan mie kocok tersebut harus merogoh kocek Rp 35.000 untuk Mie Kocok SKM Spesial, dan Rp 25.000 untuk Mie Kocok SKM biasa.

Baca juga artikel seru lainnya tentang Bandung berikut ini:

Menikmati Bangunan Kolonial Belanda di Jalan Braga Bandung

Perkebunan Teh Cukul, Spot Hits Nikmati Sunrise di Pangalengan

Serabi Khas Bandung, Jajanan Pasar yang Semakin Modern

Indonesia masih punya banyak kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Kunjungi destinasi wisata lainnya dan cicipi kulinernya. Info selengkapnya cari di Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya